Senin, 11 Februari 2013

Ciri Khas Kalimantan


Jika berunjung ke kota Banjarmasin, kota yang dikenal sebagai kota seribu sungai ini jangan sampai terlewatkan ke pasar terapung, pasar yang telah telah mendunia. Pasar terapung ini berada di kota Banjarmasin,Kalimantan Selatan tepatnya di muara Sungai Martapura – Barito. Para pedagang di pasar ini menawarkan dagangannya menggunakan jukung (sebutan perahu khas banjar), begitu pula pembelinya.
Dan yang lebih unik lagi, pasar ini aktivitasnya dimulai dari pukul 3.30 WITA sampai sekitar 6.30 WITA.  DI pasar ini kita bisa membeli barang-barang layaknya di pasar kebanyakan seperti sayuran, buahan, wadai (makanan-makanan kecil dlm bahasa banjar),sarapan pagi, dan mungkin juga beli lauk pauk. Dan tenang, ketika di pasar terapung tersebut kita akan didatangi oleh penjualnya .
Untuk mencapai pasar ini tidak begitu susah karena pasarnya berada di kota. Dari kota kita hanya cukup pergi ke daerah Kuin, tepatnya ke dermaga-dermaga kecil jukung, Parkir untuk mobil sudah tersedia juga. Dan dari dermaga jukung-jukung tersebut bisa pesan jukung ke pasarnya sekitar 60000/jukung. Kemudian kita akan diajak menelusuri sungai martapura menuju ke hulu yang bermuara di sungai Barito. 

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar